Bulan Muharam antara mitos dan fakta

Tanggal 18 Desember 2009 ini kita mulai tahun baru menurut kalender islam. Ada beberapa mitos mengenai bulan muharam. Orang jawa mengidentikkan bulan muharam sebagai bulan yang wingit alias angker. Oleh karena itu malam satu muharam biasanya ditandai dengan prosesi jamasan pusaka (mencuci pusaka) seperti keris, tombak dan lain-lain. Proses jamasan pusaka ini merupakan simbol persiapan dalam menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan pada bulan ini. Orang Jawa menyebut bulan muharam ini dengan sebutan bulan SURO. SURo konon kepanjangan dari aSU (=anjing) moRO (=datang). Asu merupakan gambaran dari peliharaan dari Nyi Roro kidul yang akan datang bila diadakan pesta di suatu tempat.
Oleh karena itu orang Jawa tidak menyelenggarakan hajatan besar seperti mantu, sunatan dan lain sebagainya pada bulan ini .
Ada berbagai fakta sejarah berkaitan dengan bulan muharam.
  1. Dalam bulan muharam datang pertolongan kepada para nabi. Nabi adam diterima tobatnya setelah melakukan kesalahan memakan buah kuldi pada tanggal 10 muharam. Nabi Nuh diselematkan dari banjir bandang yang melanda kaumnya. Nabi musa diberi kemenangan melawan raja firaun dengan ditenggelamkan di laut merah. Nabi Yunus keluar dari perut ikan . Nabi Yusuf keluar dari penjara.Nabi Ibrahim keluar dari api yang membakar tanpa kurang suatu apa ketika dibakar raja namrud. demikian juga nabi Isa diselamatkan dari musuh yang ingin menyalipnya semuanya terjadi pada bulan muharam.
  2. Khalifah umar memilih awal kalender islam dihitung mulai hijrahnya para sahabat dari mekah ke madinah. Sebelum hijrah kondisi para sahabat lemah dari semua segi baik politik, ekonomi, sosial dan lain lain sehingga perkembangan islam boleh dibilang sangat lambat. Setelah hijrah karena mendapat bantuan dari orang medinah kondisi para sahabat menguat sehingga perkembangan islam mulai pesat di seluruh jasirah Arab bahkan dunia.

Dari kedua fakta diatas dapat disimpulkan sebagai berikut:
Fakta 1 Bulan muharam = bulan kemenangan
Fakta2 hijrah = kemenangan
Kesimpulannya awal tahun baru hijriyah yang hampir bersamaan dengan masehi merupakan spirit bagi kita untuk meraih kemenangan atau kesuksesan. Dan apabila kita ingin meraih kesuksean yang lebih baik dari tahun sebelumnya syaratnya adalah kita mau berhijrah meninggalkan hal-hal yang buruk dengan memperbanyak hal-hal yang bermanfaat bagi kita sendiri dan masyarakat.
Jadi selamat tahun baru 1431 H/2010M….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: