Mengenal hati

Untuk dapat menjadi manusia yag cerdas secara emosi dan spiritual syaratnya adalah mengenal tentang dirinya. Mengenal tentang diri maksudnya mengenal tentang bagian terpenting dari tubuhnya. Tulisan ini akan membahas hal ini dimulai dari mengenal hati. Hati merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia. Bukan hati yang orang Jawa menyebut dengan rempelo/ati tapi yang dimaksud adalah Qolbu / hati nurani manusia.Dalam Qolbu manusia terdapat beban agama. Dulu agama telah ditawarkan kepada seluruh makhluk yang diciptakan Alloh. Gunung, langit , bumi, matahari, bulan telah ditawarkan untuk menjadi khalifah di dunia dengan syarat menangung beban agama tapi tak ada yang sanggup kecuali manusia. Maka jadilah manusia khalifah di dunia ini.
Mengenai hal ini ada 2 hal yang penting
  1. Dalam qolbu manusia terdapat niat atau motivasi. Motivasi adalah awal sesuatu perbuatan dan akan menentukan akhirnya suatu perbuatan. Jika motivasinya ikhlas walaupun kecil amalannya akan memperbesar pahalanya. Sebaliknya walaupun amalannya bagus tapi motivasinya buruk maka amalan itu tidak ada gunanya. Ada sebuah kisah tentang seseorang yang telah membunuh 99 orang. Kemudian pergilah ia mengembara untuk bertobat. Sampailah ia di suatu desa kemudian ia bertanya kepada seoarang bijak yang ditemuinya apakah jika bertobat maka dosanya bisa diampuni. Orang bijak tersebut menjawab dosanya tidak akan diampuni. Karena marah mendengar jawaban tersebut maka dibunuhlah orang bijak tersebut hingga genap 100 orang yang telah ia bunuh.
    Setelah itu pergilah ia ke desa yang lain. Di desa tersebut ada seorang ulama maka bertanyalah ia mengenai hal yang sama. Ulama tersebut menjawab dosanya akan diampuni jika ia mau pergi ke suatu tempat dan disana bertobat sungguh-sungguh sampai ajal menjemput. Maka pergilah pembunuh tersebut ke tempat yang ditunjukkan. Tapi di tengah jalan ia menderita sakit dan ajal menjemput sebelum sampai di tempat yang dituju. Setelah meninggal datanglah dua malaikat, malaikat rahmat dan malaikat adzab dan dua-duanya ngotot untuk membawanya. Malaikat rahmat merasa berhak untuk membawanya karena orang tersebut pergi dalam rangka bertobat. Sedangkan malaikat adzab berkata bahwa orang tersebut termasuk golongan orang yang celaka karena telah membunuh 100 orang. Kemudian datanglah malaikat yang ketiga yang membawa pesan dari tuhan untuk mengukur apakah si mayat tersebut termasuk golongan orang yang beruntung atau celaka caranya adalah mengukur jarak yang sudah ditempuh bila dekat dengan tempat yang dituju berarti termasuk orang yang beruntung, jika masih jauh tempat yang dituju maka malaikat adzab yang berhak membawa orang tersebut. Setelah diukur ternyata jaraknya lebih dekat ke tempat yang dituju sehingga orang tersebut adalah termasuk orang yang mendapat rahmat karena kesungguhan niat untuk berbuat baik.
  2. Ketika kecil aku ingat pernah ditanya apa bedanya antara manusia dan hewan. Jawaban yang paling dierima pada sat itu adalah manusia mempunyai akal untuk berpikir sedangkan hewan tidak. Sekarang setelah banyak belajar ternyata jawaban tersebut tidak tepat . Yang membedakan manusia dan hewan adalah mausia mempunyai qolbu atau hati yang mampu menimbang benar atau salah. Jika diibaratkan seperti sebuah kerajaan maka qolbu adalah rajanya, perdana mentrinya adalah akal, pejabatnya adalah nafsu sedangkan indra adalah mata-matanya.Dalam mengatur kerajaannya raja harus berdiri ditengah-tengah, harus mampu mengendalikan pejabatnya yang sering bertindak over acting sebagaimana wataknya nafsu. Oleh karena itu seorang raja butuh informasi dari mata-mata dan informasi yang diterima diolah oleh akal dan disajikan sehingga informasi yang paling validlah yang dilaporkan ke raja.

Tulisan ini teruntuk bagi siapa saja yang ingin mengenal dirinya sebagaimana disebutkan sebuah hadis “barangsiapa yang mengenal dirinya maka ia akan mengenal tuhannya.Semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik.Wallahu alam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: