Jodoh Terbaik

Jodoh merupakan salah satu dari misteri dari Sang Kuasa selain rizki dan kelahiran/kematian. Mencari pasangan sebenarnya merupakan basic insting dari manusia, karena dengan menikah manusia akan mendpatkan dua hal:
  1. Ketenangan jiwa. Pasangan hidup kalau dalam bahasa Jawa disebut Garwa atau Sigarane Nyowo artinya belahan jiwa. Jadi lengkaplah hidup karena lelaki dan wanita merupakan satu kesatuan jiwa. Kalau wanita lebih berpikir secara emosional sedangkan laki-laki lebih rasional dua hal yang merupakan dua sisi yang berbeda.
  2. Mendapatkan keturunan.mendapatkan anak juga merupakan sumber kebahagiaan bagi orang tuanya. Orang tua ketika melihat pertumbuhan si anak ia akan teringat masa lalunya ketika ia kecil, remaja dewasa 

      I Kriteria Standar

      Seorang lelaki adalah pemimpin supaya dapat melaksanakan kepemimpinannya dengan baik dalam memilih pasangan hidup menurut imam Al Ghazali ia harus memiliki kelebihan dari wanita dalam hal:

      1. Usia. Pria hendaknya memilih wanita yang lebih muda usianya setidaknya pria memiliki kelebihan lebih matang secara kejiwaannya.
      2. Ilmu dan Pengetahuan. Pria hendaknya memiliki pengetahuan agama dan ketrampilan hidup yang lebih baik sehingga dapat membimbing istrinya menuju kebaikan.
      3. kekayaan pria lebih daripada wanita.

      Selain tiga hal di atas pria hendaklah memilih wanita:

      1. Sholihah. Pertimbangan agama adalah prioritas utama seperti yang Bang Haji katakan….Karena istri sholihah perhiasan terindah.
      2. Kecantikan. Kecantikan memang relatif tetapi setidaknya pria ketika melihat istrinya timbul gairah sehingga cukuplah ia dengan apa yang ada di rumah dan tidak memandang wanita lain di luar rumah.
      3. Memiliki kesuburan. Mendapatkan keturunan adalah salah satu alasan untuk menikah maka hal tersebut perlu juga dipertimbangkan.  
      Hal hal di atas adalah kriteria standar tetapi apabila dalam proses dalam memilih pasangan hidup ditemukan hal yang berbeda tentu yang paling penting adalah sejauh mana kita menerima perbedaan itu menuju tujuan pernikahan seperti dulu rosullullah memilih Siti Khodijah yang lebih tua karena ialah wanita yang paling membantu tugas beliau sebagai nabi dalam menyebarkan agama.

      II. Proses
      Setiap orang mempunyai proses yang berbeda dalam memilih pasangan hidup. Ada orang yang biasa bergaul dengan wanita, memiliki banyak teman wanita sehingga ia dapat memilih salah satu dari mereka untuk diajak menikah. Tetapi ada juga orang pemalu bergaul dengan lawan jenisnya sehingga ia bisa meminta tolong teman, saudara , kakek ,nenek, ibu , dll. Namanya juga kebelet kawin segala cara harus dicoba. Itulah yang disebut taaruf atau perkenalan. Lamanya tentu tergantung yang bersangkutan. Kalau ketemu sekali itu sudah cukup tentu juga tidak masalah kalau langsung menikah. Atau perlu beberapa kali pertemuan yang penting  harus saling menjaga sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.  Mendapatkan pasangan adalah rahmat dari Sang Kuasa, jika belum waktunya dicari di lubang semutpun takkan ketemu. Tetapi jika sudah ketemu, terimalah ia apa adanya sebagai cara bersyukur kepada Sang Kuasa. Wallahu Allam.

          Leave a Reply

          Fill in your details below or click an icon to log in:

          WordPress.com Logo

          You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

          Twitter picture

          You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

          Facebook photo

          You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

          Google+ photo

          You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

          Connecting to %s

          %d bloggers like this: