Insomnia

Imsomnia adalah suatu keadaan dimana sseorang mengalami gangguan untuk tidur atau tidak bisa tidur dengan nyenyak. Insomnia memang bukan sejenis penyakit yang mematikan tetapi efeknya bisa membunuh yang bersangkutan. Ingat seorang artis (coba tebak siapa….?) yang sedang getol mempersiapkan konsernya sampai akhirnya tidak bisa tidur. Dia menyuruh dokter pribadinya untuk menyuntikkan sejenis obat tidur. Obat pertama berhasil membuatnya tidur. Setelah itu ia melakukan aktifitas seperti biasa. Waktu berlalu dan sampai larut ia belum bisa memejamkan mata. Ia menyuruh dokter pribadinya untuk kembali menyuntikkan obat tidur. Rupanya obat yang kedua ini tidak mempan. Akhirnya dokter mengambil keputusan untuk menambah dosis obat tidur. Efeknya bukan hanya membuatnya tidur berapa lama tapi selama-lamanya alias meninggal dunia.
Si dokter akhirnya diperiksa polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.Sebagai orang yang pernah mengalami imsomnia (siapa pula yang tak pernah gak bisa tidur) menurut pengalaman ku imsonia disebabkan karena :
  1. Merokok. Aku merokok mulai kelas 1 smu sampai kira kira umur 27 tahun. Jadi kalau dihitung kurang lebih selama 10 tahun. Menurut pengalamanku selama kurun waktu itu boleh dibilang aku tidak pernah tidur di bawah jam 23.00 malam. Rata rata aku tidur antara jam 24.00-jam 01.00 dinihari.Setelah berhenti merokok barulah aku bisa tidur jam 21.00. Paling tidak aku bisa tidur lebih awal dan bisa bangun lebih awal sehingga tidak telat sholat Subuh. Memang rokok memiliki zat yang bersifat stimultan yang menyebabkan mata terjaga. Hal lain yang memiliki zat stimulan adalah kopi, teh dan alkhohol. Oleh karena itu supaya tidak kesulitan tidur kurangi juga tiga hal tersebut.
  2. Stres. Banyak pikiran juga menyebabkan seseorang terganggu tidurnya. Supaya kita bisa menata pikiran kita harus bisa menata hati kita. Jika diibaratkan sebuah kerajaan otak manusia adalah perdana mentrinya sedangkan hati adalah rajanya.Ada sebuah tip yang bisa kita gunakan berdasarkan kisah salah satu sahabat nabi. Suatu ketika dalam sebuah forum nabi berbicara dengan para sahabatnya. Kemudian nabi berkata sebentar lagi akan datang seorang ahli surga.Tidak lama kemudiaan datang seseorang bernama Saad untuk mengikuti ceramah nabi. Sahabat yang lain bertanya tanya apakah orang yang barusan datang ini yang dimaksud oleh rosullullah. Keesokan hari kejadian berulang lagi nabi kembali berkata sebentar lagi akan datang ahli surga.Dan tidak lama kemudiaan datanglah Saad mengikuti halagah rosullullah. Karena kejadian tersebut terjadi berulangkali maka salah seorang berkesimpulan yang dimaksud oleh nabi adalah Saad.Kemudiaan ia bermaksud menyelidiki amalan apakah yang menyebabkan Saad ini disebut ahli surga dengan cara menumpang tidur di rumahnya. Ketika siang dilihat Saad beraktifitas seperti biasa, ketika waktunya sholat iapun datang ke masjid setelah itu pulang ke rumahnya. Malam hari Saad tidur kemudiaan bangun sholat tahajud yang pendek. Setelah beberapa hari sahabat yang menyelidiki tersebut berkesimpulan bahwa apa yang dilakukan Saad seperti para sahabat yang lain tidak ada yang khusus tetapi mengapa nabi mengatakan secara khusus tentang Saad. Karena tidak menemukan jawabannya maka ia memberanikan diri untuk bertanya kepada Saad tentang hal tersebut. Mula-mula Saad terkejut mendengar bahwa nabi menyebutnya secara khusus.Ada rasa bangga dan haru mendengar hal tersebut. Setelah menguasai diri Saad mulai berpikir kenapa nabi sampai berkata seperti itu. “Aku sendiri sebenarnya tidak tahu kenapa nabi berkata seperti itu. Tetapi mungkin yang dimaksud oleh nabi karena sebelum tidur aku berusaha mengikhlaskan semua kejadian yang terjadi sebelumnya. Jika ada kegagalan yang aku alami aku berusaha ikhlas menerimanya. Kalau ada orang yang berkata yang tanpa sadar melukai perasaanku aku akan memaafkannya dan tidak mengingat ingat lagi. Tetapi jika ternyata aku yang salah besok aku akan datang kepadanya untuk minta maaf. Aku berusaha untuk menjaga hatiku sehingga tidak menyimpan rasa dengki atau permusuhan kepada siapa saja. Itu saja yang kulakukan selama ini tidak lebih. Demikian kisah dari sahabat dan dari cerita tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam hidup selalu saja ada cara sederhana yang menghasilkan hasil yang luar biasa. Seperti sebuah perumpamaan kalau menanam padi rumput pasti tumbuh, kalau kita bisa menjaga hati kita tidak hanya meningkatkan derajat kita di surga, di duniapun permasalahan dalam hidup seperti susah tidur atau imsomniapun insyaalloh bisa teratasi.Wallahu allam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: