Be yourself

Dalam posting kali ini aku ingin menulis tentang pentingnya kita menjadi diri sendiri .Setiap orang dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan serta karakter masing-masing yang dengannya saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya.

I. Berkaitan dengan kelebihan, sepanjang yang saya tahu kelebihan orang bisa dikelompokkan dalam 3 hal:
  1. Kelebihan dalam bicara. Orang ini  senang tampil di muka umum dan mempunyai kefasihan dalam berbicara. Sebenarnya apa yang dikatakan seringkali biasa saja cuma karena ketenangannya sehingga ia bisa membawakan suatu topik dengan menarik Kekurangan orang ini ia sering menonjolkan kemampuan bicaranya sehingga malas dalam bekerja.
  2. Kelebihan dalam diam. Diam itu emas kata pepatah. Bicaralah yang baik atau diamlah kata rosullullah. Oleh karena itu diam itu bisa dimasukkan dalam kelebihan yang dimiliki seseorang. Orang yang tidak banyak bicara biasanya lebih banyak gerak atau bekerja dengan tekun. Kekurangan orang ini ia seringkali sulit mengungkapkan ide sehingga kalau orang tidak memperhatikan dengan baik ia dianggap orang yang pasif.
  3. Kelebihan dalam khidmat/pelayanan. Orang ini suka melayani orang lain sehingga orang merasa diperhatikan.Ia ringan tangan dalam membantu orang, sebelum orang minta tolong ia lebih dulu menawarkan bantuannya.Kekurangannya tidak semua orang ingin diperhatikan, banyak orang yang biasa melakukan segala sesuatu sendirian sehingga ketika ada yang tiba-tiba membantu tanpa dimintai tolong orang ini malah risi atau tidak suka. Jadi memang dalam kelebihan yang dimiliki seseorang disitu ada kekurangan juga. Oleh karena itu kita tidak perlu iri terhadap kelebihan yang dimiliki orang lain. Cukuplah kita mengasah kelebihan kita dan mencoba menutupi kelemahan semampu kita.

II. Karakter

Setiap orang dilahirkan dengan karakternya atau sifat masing-masing. Ada yang lembut, keras atau diantara keduanya. Yang membedakan adalah sikapnya terhadap sesuatu. Contoh yang paling dapat dijadikan rujukan adalah kisah tentang Umar bin Khatab. Umar adalah orang keras, tidak mengenal takut kepada siapa saja. Sebelum masuk islam ia adalah penentang islam nomor wahid. Sebaliknya ketika masuk islam ia adalah pembela islam terdepan. Sebelum dan sesudah islam sifatnya tidak berubah ia adalah orang yang keras. Yang berubah adalah sikapnya dari sebelumnya menentang menjadi membela islam.Pepatah arab mengatakan kalau ada gunung yang berpindah tempat percayalah daripada perubahan sifat seseorang.Artinya sifat seseorang tidak mungkin berubah karena apapun juga. Yang bisa berubah adalah sikapnya terhadap sesuatu. Jadi be yourself dan temukan kebahagiaanmu di sana. Bagaimana pendapat kalian?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: