Kiat berhenti merokok

Sebagai mantan perokok aku sering ditanya oleh rekan rekanku sesama perokok kok aku bisa berhenti merokok.Mereka tahu reputasiku sebagai perokok yang mulai mengenal rokok bahkan ketika aku kecil. Dulu ayahku adalah juga seorang perokok sehingga aku di keluarga sudah biasa melihat orang merokok. Itu mungkin adalah pengajaran yang paling efektif dalam keluarga ketika si anak melihat contoh dari apa yang dilakukan orangtuanya lebih dari kata-kata yang terucap.
Aku juga biasa bermain dengan teman sebaya dengan membuat lintingan rokok dari kertas koran sedangkan sabut buah jambu air digunakan sebagai tembakaunya. Setelah remaja mulai kelas tiga SMP mulailah aku mengenal rokok sesungguhnya sampai menjadi pecandu rokok sampai akhirnya aku bisa berhenti umur 27 tahun. Oleh karena itu pada posting kali ini aku akan menguraikan kiat sehingga bisa berhenti merokok.

  • Niat. Kita harus mempunyai niat yang kuat untuk berhenti merokok.Ada banyak alasan sebenarnya untuk berhenti merokok jika fatwa haram merokok dari para ulama tidak begitu berpengaruh coba simak data berikut:
  1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.
  2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.
  • Setelah niat kita harus membuat target yang terukur. Target yang terukur maksudnya adalah kita bisa menjalaninya tanpa putus di tengah jalan. Kalau kita biasa merokok 1 pak setiap hari kemudian kita berhenti merokok 2 hari hari tapi setelah itu merokok lagi biasanya konsumsi rokok kita akan meningkat menjadi 1,5 pak sehari. Kita bisa menyusun target misalnya mengurangi rokok sehingga hanya 1/2 pak sehari. Minggu berikutnya kita targetkan merokok hanya selepas makan saja sehingga sehari hanya 3 batang saja. Minggu berikutnya barulah kita membiasakan hidup tanpa menyentuh rokok sedikitpun.
  • Memanfaatkan moment ramadhan. Ketika puasa kita bisa tidak merokok mulai subuh sampai magrib. Setelah Isyapun banyak kegiatan seperti tarawih dan tadarus al quran. Kenapa tidak kita lanjutkan puasa kita khusus merokok mulai magrib sampai subuh Dan ramadhan adalah peristiwa tahunan sehingga apabila tahun ini kita gagal kita bisa membuat planning untuk ramadhan tahun depan.
  • Doa. Setiap usaha yang kita lakukan takkan berhasil tanpa bantuan Yang Di atas. Maka dalam setiap doa kita kita bisa memohon kepada tuhan untuk bisa hidup tanpa rokok. Selepas sholat kita kita bisa selipkan doa ini disamping hajat hidup yang lain.
  • Setiap apa yang terjadi sebenarnya mempunyai pola. Begitu juga tentang berhenti merokok. Kalau kita sudah selalu berusaha tapi gagal lagi gagal lagi tapi kalau kita terus berusaha suatu saat kita akan menemukan cara sehingga kita bisa berhenti merokok. Semoga tulisan kali ini bermanfaat bagi siapa saja yang benar-benar ingin berhenti merokok. Wallahu Alam.


    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: