Tasawuf Modern

Di jaman ini kelihatannya orang semakin membutuhkan tasawuf untuk mengatasi kompleknya kehidupan modern.? Tasawuf Modern? Ya. Begitu kompleknya permasalahan hidup sekarang ini membuat orang menjadi sering putus asa jika hanya mengandalkan akal saja. Hanya dengan kekuatan batin seseorang yang dapat bertahan dalam situasi yang rumit. Oleh karena iu tasawuf modern sebagai sarana pembelajaran kekuatan ruhani mulai dilirik orang untuk dipelajari. Tentang pengertian dari tasawuf berikut ini penjelasan dari maulana zakariya ketika ia ditanya pertanyaan ini. Ia menjawab proses tasawuf dimulai dari Innamal amaalu binniyaat: sesungguhnya amal tergantung kepada niat. dan diakhiri dengan Antabudallaha kaannaka tarah : kamu beribadah seolah-olah melihatNYA.Dan proses antara perbaikan Niat sampai mencapai Ihsan itulah yang disebut dengan Mujahadah.

Berikut ini adalah penjelasan ketiga hal diatas secara sederhana:
1. Niat. Niat adalah proses awal dalam melakukan suatu pekerjaan. Niat juga akan menentukan akhir suatu pekerjaan.Kalau niat awalnya ke jakarta untuk wisata maka akhirnya kita akan pergi ke tempat tempat wisata.Lalu apa niat untuk seorang muslim dalam melakukan sesuatu? Pada dasarnya motivasi yang harus dimiliki seorang muslim dalam melakukan sesuatu bisa digolongkan menjadi 3 hal:
  1. Beribadah kepada Tuhan
  2. Berguna bagi Masyarakat
  3. Meningkatkan kualitas pribadi

2.Ihsan.Ihsan maksudnya adalah beribadah seolah olah melihatnya.Jika kita selalu melihatNYA tentu kita akan berusaha berhati-hati dalam bersikap.Untuk mencapai tahap ini secara konsisten tentu tidak mudah. Kebanyakan dari kita mencapai tahap ini pada saat-saat tertentu sehingga kadang-kadang kita bisa jujur dilain waktu kita masih sering berbohong.Jika kita tidak bisa melihatnya yakinlah bahwa Alloh selalu melihat kita.
3. Mujahadah.Mujahadah adalah perjuangan lahir batin untuk meluruskan atau memperbaiki niat sehingga dapat konsisten mencapai maqam ihsan.Perjuangan ini adalah melawan hawa nafsu kita sendiri karena sesungguhnya musuh terbesar manusia adalah hawa nafsunya sendiri. Meskipun begitu perjuangan melawan hawa nafsu bukan untuk mematikannya tetapi sekedar menundukkannya untuk dipakai untuk penyemangat dalam beribadah kepada tuhan.Sebenarnya konsep tasawuf modern juga berlaku untuk semua hal. Artinya seseorang yang ingin sukses dalam dunia bisnis misalnya, harus dimulai dari kuatnya tekat atau motivasi, ihsan (berupa kejujuran dan tanggungjawab) dan juga mujahadah (kerja keras). Ketiga hal di atas dapat kita jadikan bahan koreksi apabila kita menemui kegagalan dalam bisnis ataupun dalam mengatasi permasalahan hidup sehari-hari. Wallahu allam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: