Sejarah dan Perkembangan Islam

sejarah perkembangan islamBung karno pernah bilang jasmerah, jangan lupakan sejarah. Dari sejarah kita bisa belajar kesalahan masa lampau dan tidak mengulanginya sehingga masa depan kita menjadi lebih baik. Sejarah juga merupakan pelajaran yang menarik bagi pecinta ilmu sosial. Demikian juga sejarah islam. Sejarah Islam akan silih berganti sesuai dengan jaman yang dikendaki oleh Sang maha Kuasa. Banyak orang yang ingin mengetahui tentang sejarah islam di masa lampau dan modernisasi islam di masa mendatang tetapi karena mereka tidak mendapatkan dari sumber yang benar malah meragukan kebenaran islam. Oleh karena itu saya menulis tentang sejarah perkembangan islam sebagai salah satu referensi yang dapat digunakan sebagai rujukan dalam melihat islam sebagai agama rahmatan lil alamin. Memang dalam kenyataannya kita jumpai tentang naik turunnya  sejarah perkembangan islam di dunia. Kalau ditanya kenapa bisa begitu? Jawabannya adalah memang begitulah yang dikehendaki oleh Sang Maha Kuasa. 2 hal dalam kehidupan yang akan selalu ada dan itulah yang menyebabkan keseimbangan dalam hidup.Kalau kita selalu berada di atas kita akan cenderung menjadi sombong sedangkan kalau terus di bawah kita akan cenderung menjadi pribadi yang lemah. Tapi ini tentu saja hanya akan dipahami oleh orang yang mau berpikir seperti yang banyak ditegaskan dalam Al quran: Sesungguhnya dalam kejadian langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang sebagai bukti nyata atas kekuasaan Alloh bagi orang-orang yang berakal (Qs; 03:190)

. Pada dasarnya sejarah islam akan mengalami 5 jaman-hal tersebut disarikan dari berbagai sumber:

  1. Sejarah islam jaman Kenabian. Nabi pertama adalah nabi Adam. Dia diperintahkan untuk menyeru umatnya yang notabene adalah anak keturunannya untuk menyembah tuhan dan mengasihi sesama. Hablum minnallah dan hablum minnanas. Konsep ini adalah inti ajaran semua nabi. Sebagian dari umatnya ada yang mengikuti seruannya sedangkan sebagian yang lain menolak . Akhirnya umat yang mau mendengar seruannya diselamatkan oleh Alloh sedangkan yang tidak mau akhirnya akan hancur dengan sendirinya. Akhirnya nabi Adam meninggal. Karena sudah tidak ada lagi yang mengajak kepada kebaikan umat manusia akhirnya mulai meninggalkan ajaran nabi. Setelah itu diturunkan nabi lagi agar manusia kembali ke jalan yang benar . Nabi tersebut mengajarkan hal yang sama dan orang yang mengikutinya akan selamat sedangkan yang menolak akan hancur. Begitu seterusnya sampai diturunkannya nabi Muhamad.
  2. Sejarah islam jaman khalifah. Setelah diutusnya nabi Muhamad sebagai khataman nabbiyyin maka berakhir pula jaman kenabian. Setelah itu umat manusia mengalami jaman kekhalifahan. Dimulai Dari khalifah Abu bakar Sidiq, Umar bin khatab, Usman bin Affan, Ali bin abi thalib bahkan ada yang berpendapat sampai pada Umar bin Abdul Azis. Khalifah Abu bakar memimpin selama 2 tahun mulai tahun 632-634 M. Kemudian Umar bin khatab memimpin selama 10 tahun mulai 634-644 M. Setelah itu Usman bin affan memimpin selama 12 tahun mulai 644-656 M. Ali bin Abi thalib memimpin selama 5 tahun mulai tahun 656 sampai akhirnya dibunuh oleh seorang khawarij tahun 661 M. Sedangan Umar bin azis memimpin dari tahun 717-729 M. Walaupun jaman kenabian berakhir tetapi risalah kenabian akan terus berlangsung sampai hari kiamat dan penerus risalah ini adalah para khalifah di atas, dan juga akan dibangkitkan para wali yang akan membawa risalah ini.
  3. Sejarah islam jaman Mulk atau kerajaan. Setelah jaman kekhalifahan maka kemudian sistem pemerintahan berubah menjadi kerajaan. Ketika jaman khalifah keputusan diambil berdasarkan musyawarah untuk mengangkat khalifah, maka pada jaman kerajaan kekuasaan dan kepemimpinan adalah milik keluarga raja yang diwariskan turun temurun. Maka muncullah banyak kerajaan juga termasuk di indonesia seperti kerajaan mojopahit, singosari, pajajaran dan lain-lain.
  4. Sejarah islam jaman Jababirah atau demokrasi.Pada saat ini kekuasaan diambil berdasarkan suara terbanyak. Orang yang mendapat dukungan dari masyarakat yang paling banyak tak peduli siapa dia maka dialah yang akan memimpin. Pada saat ini akan terjadi banyak gesekan antar kelompok karena beradu dukungan. Seperti yang terjadi sekarang karena sekarang ini termasuk jaman jababirah.
  5. Sejarah islam jaman khalifah min ala haji nubuwwah. Dimasa datang akan datang lagi masa keemasan islam seperti jaman khulafaur rasyidin.Prinsip keadilan, penghormatan atas hak asasi manusia, kesejahteraan rakyat akan menjadi inti dari pemerintahan jaman ini. Kalau pada jaman jababirah banyak terjadi rekayasa, mulai rekayasa industri dimana produk diproduksi massal sehingga cost turun sehingga bisa dijual dengan harga rendah sampai keuangan dengan cara rekayasa akuntansi sehingga kondisi perusahaan kelihatan perusahaan yang sehat sehinnga harga sahamnya tetap tinggi walaupun dengan cara mbujuki. Akhirnya banyak terjadi krisis yang disebabkan karena tingginya persaingan, kondisi pasar yang sudah berubah tidak disikapi dengan membuat solusi agar tetap bertahan tetapi jalan yang dipilih justru dengan melakukan manipulasi. Sampai suatu saat seperti orang jawa bilang becik ketitik olo ketoro semua orang pasti akan jenuh dibohongi dan akan meninggalkan prinsip ini beralih menuju kepada prinsip spiritual power dimana kejujuran, kreatifitas dan melayani umat tidak semata-mata mencari keuntungan sebagaimana yang selama ini diajarkan dalam islam. Dan pada saat itu orang akan meyakini islam sebagai sistem nilai yang paling sesuai dengan jaman dan akan kembali kepada islam. Semoga informasi tentang sejarah islam ini bisa menambah keimanan kita bersama. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: