Rasyidun

Para sahabat nabi terutama khulafaur rasyidun adalah orang-orang yang berjasa dalam sejarah sehingga mencatatkan tinta emas dalam peradaban islam. Setelah jaman kenabian yang ditutup dengan diutusnya nabi Muhammad maka pembawa risalah agama diteruskan oleh para sahabat.
Tidak lama setelah rosullullah wafat maka para sahabat berkumpul untuk memilih pemimpin mereka yang akhirnya terpilihlah Abu bakar. Abu bakar memimpin selama 2 tahun yang kemudian diteruskan oleh Khalifah Umar bin Khatab selama 10 tahun. Setelah itu Usman bin affan menggantikannya dan memimpin selama 12 tahun Dan Ali bin Abi thalib menjadi khalifah keempat dan memimpin selama 5 tahun. Keempat khalifah tersebut mempunyai kelebihan masing-masing yang menyebabkan mayoritas masyarakat waktu itu memilih mereka menjadi pemimpin.Pertama kelebihan Abu bakar adalah karena ia mempunyai keyakinan yang kuat. Begitu nabi Muhammad menawarinya untuk masuk islam ia dengan mantap mengambil bagian sehingga ia tergolong orang yang awal memeluk islam. Umar bin khatab memiliki ketegasan dalam bersikap. Setelah memeluk islam ia menjadi pembela islam nomer wahid selalu berada di garda depan perjuangan. Kelebihan Usman bi affan adalah ia memiliki referensi yang kuat karena ia termasuk orang yang gemar membaca Al quran sehingga ia biasa mengkatamkan nya dalam sholat tahajudnya. Sedangkan Ali bin abi thalib masuk islam sejak remaja sehingga ia termasuk shahabat yang memiliki ilmu agama cukup tinggi karena keistiqomahan untuk belajar sejak dari remaja. Kelebihan para sahabat di atas sebenarnya juga kita pakai dalam dunia bisnis ataupun dalam kehidupan kita sekarang jika kita ingin sukses dalam bidang yang kita tekuni.
  1. Langkah awal untuk meraih kesuksesan adalah kita harus memiliki tekat atau kemauan yang kuat. Niat adalah awal pekerjaan yang akan menentukan akhir suatu hal. Untuk itu kita harus memiliki tekat yang kuat yang dengannya kita dapat mengarahkan semua sumber daya yang kita miliki untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.
  2. Kedua kita harus memilki ketegasan dalam bersikap. Ketika kita sudah memilih suatu hal yang ingin kita kerjakan maka kita harus bersikap tegas terhadap pilihan itu. Kita harus memiliki sikap apapun yang terjadi tidak akan menyurutkan motivasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  3. Pedoman ketiga adalah kita harus cukup memiliki referensi yang dapat menghantarkan kita pada kesuksesan. Luangkan waktu untuk banyak membaca dan juga berdiskusi untuk mencari langkah yang paling efektif dan efisien dalam mencapai tujuan.
  4. Terakhir kita harus menjalaninya dengan istiqomah. Keberhasilan tidak akan datang begitu saja. Butuh pengorbanan waktu, pikiran dan tenaga maka kita harus menyiapkan ketiga hal tersebut dan menjalaninya dengan ikhlas.

Keempat hal di atas adalah kisah tentang para sahabat dengan kelebihannya masing-masing yang dihubungkan dengan kondisi sekarang dalam mencapai keberhasilan dalam hidup yang berhasil saya sarikan. Wallahu allam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: