Mengasah intuisi

Intuisi menurut kamus bahasa indonesia mempunyai arti daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. Memang agak sulit untuk mengetahui arti kata intuisi secara tepat karena menurut wikipedia disebutkan intuisi merupakan serapan dari bahasa Belanda.
Setidaknya dari pengertian di atas kita dapat mempunyai gambaran bahwa intuisi dapat dijelaskan sebagai informasi atau inspirasi yang mendatangi sanubari. Mengapa mempelajari intuisi itu penting? Jawabannya karena dalam hidup ini kita selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan yang kita harus mengambil keputusan  salah satunya. Baik itu berupa sesuatu yang biasa sampai hal-hal penting terutama jika itu menyangkut masa depan kita. Seperti apakah kita harus pindah kerja atau tetap bekerja di tempat semula.Apakah rencana bisnis yang kita susun, pantas dilanjutkan atau tidak? Jika kita memiliki keinginan untuk berumah tangga siapakah  wanita yang akan kita ajak menikah? Dan masih banyak lagi hal semacam itu yang keputusan yang harus diambil lebih bersifat intuitif daripada penalaran yang bersifat logis. Penalaran logis dapat berjalan baik jika kita cukup memiliki data yang akurat yang bisa kita bandingkan keduanya mana yang terbaik.Permasalahannya walaupun kita sudah berusaha mencari informasi yang sebanyak-banyak akan tetapi tetap saja banyak sisi dari teman wanita kita yang kita tidak tahu. Ketika kita melamar pekerjaan kita adalah pihak yang diwawancarai sehingga kita akan sulit untuk mengetahui secara pasti apakah perusahaan tersebut lebih baik atau tidak daripada tempat kerja kita semula. Begitu juga dengan rencana bisnis karena bisnis sangat ditentukan oleh keberanian menanggung resiko.Pada dasarnya intuisi seseorang dipengaruhi oleh:
  1. Keberanian
  2. Pengalaman hidup
  3. Latar belakang pendidikan

Fakta tentang kehebatan intuisi :

  •  Ray Kroc membeli franchise McDonalds dengan harga yang terlampau tinggi pada saat itu. Uniknya ia berkata “intuisi saya mendorong saya untuk tetap membelinya dan harus!”. Intuisinya benar dan terbukti McD sekarang telah mendunia.
  •  Sam Walton, pendiri Wal Mart menggunakan intuisinya ketika mendirikan toko pada tahun 1962 dan kini ia dan keluarga adalah salah satu orang paling kaya di dunia.
  • Riset dari New Jersey Institute of technology menemukan bahwa 80% pimpinan atau CEO perusahaan yang mampu menghasilkan profit 2 kali lipat dalam lima tahun menggunakan kemampuan intuisinya. John Mihalasky dan E.Douglas Dean menemukan bahwa 80% CEO yang sukses memiliki kemampuan intuisi diatas rata-rata.
  • Orang sukses kelas dunia seperti Warren Buffet dan George Soros yang bermain dalam bisnis penuh risiko seperti saham dan valas juga mengakui bahwa intuisi berperan sangat penting dalam mengambil keputusan dan tidak sekedar mengandalkan analisa matematis (tehnikal) dan fundamental semata, artinya adalah otak kiri (analitis) dan otak kanan (intuisi) mereka berjalan seimbang.

Mempunyai intuisi yang tajam adalah salah faktor yang mendukung keberhasilan kita dalam karier ataupun dalam bisnis. Dengan semakin tingginya jam terbang kita dalam bisnis maka kita intuisi kita juga akan semakin tajam. Untuk itu pentingnya kita konsisten untuk menekuni bidang yang sudah kita pilih. Untuk bisa konsisten pilihlah bidang yang kita benar-benar punya passion terhadapnya. Inventarisasi kelebihan, minat dan bakat kita penting untuk mencapai hal tersebut. Jadi kenali dirimu dan take action!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: