Mempercayai firasat

Firasat menurut artikata.com dijelaskan sebagai berikut:
  1. Keadaan yang dirasakan (diketahui) setelah melihat gelagat
  2. Kecakapan mengetahui atau meramalkan sesuatu dengan melihat keadaan (muka dsb)
  3. Pengetahuan tentang tanda-tanda pada badan (tangan dsb) untuk mengetahui tabiat
Sedangkan dalam  risalah qusyairiyah ditulis pendapat ulama tentang firasat:
  1. Abu jaffar al haddad berkata firasat adalah awal bisikan hati dngan tanpa penentangan. Jika timbul penentangan maka dia adalah sekedar lintasan dan bisikan nafsu. .
  2. Muhammad al wasiti mengatakan firasat adalah pancaran cahaya yang memancar ke dalam hati , dominasi makrifat yang membawa rahasia ke dalam hati, dari sesuatu yang ghaib menuju yang ghaib, sehingga ia mampu melihat sesuatu menurut sisi mana tuhan memandang.
  3. Muhaamad al katani mengatakan firasat adalah ketersingkapan keyakinan, kemampuan melihat yang ghaib, dan dia merupakan bagian dari derajad iman.
Lalu bagaimana dengan sabda rosullullah : takutlah dengan firasat orang mukmin karena dia melihat dengan cahaya Alloh? Ulama menjawab seseorang yang mengatupkan pandangannya dari sesuatu yang haram, mencegah dirinya dari syahwat, menetapi batinnya dengan keabadian perasaan diawasi oleh Alloh, mengikuti sunnah nabi, dan membiasakan makan halal maka firasatnya tidak mungkin salah. Artinya seorang mukmin yang biasa mengikuti sunnah secara lahir dan batin akan diberi kelebihan mempunyai firasat yang tajam karena ia mampu melihat tanda-tanda yang nampak maupun yang ghaib yang datang dari tuhan sebagaimana firman Alloh:
Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Kami) bagi orang yang memperhaikan tanda-tanda (Qs Al Hijr:75)

    Lalu apa perbedaan dan persamaan antara firasat dan intuisi?

    1. Sama-sama merupakan informasi yang mendatangi sanubari
    2. Firasat lebih merupakan isyarat, petunjuk, fenomena atau pertanda sedangkan intuisi bersifat naluri, insting atau semacam indra keenam
    3. firasat melihat gelagat yang nampak, artinya sesuatu itu akan terjadi dalam waktu dekat dari tanda-tanda yang nampak. Intuisi adalah cara kita memandang masa depan, artinya lntuisi lebih berperan untuk jangka panjang.
    4. Bisa digunakan untuk mengambil keputusan (bisnis dll) dengan cara menggabungkan antara firasat dengan melihat gelagat yang nampak dan cara kita memandang masa depan lewat intuisi. Wallahu allam.

      Leave a Reply

      Fill in your details below or click an icon to log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

      Connecting to %s

      %d bloggers like this: