Al Karim

Salah satu cara mengenal tuhan adalah dengan cara mempelajari asmaul husna. Asmaul husna adalah nama-nama Alloh yang agung yang merupakan wujud dari kesediaanNya dipanggil dengan nama yang mana saja. Begitulah, betapa Tuhan Mahabaik dan Mengalahnya sehingga tidak mau mempersulit hambaNya meski sekedar dalam pemanggilan.
Kebanyakan ulama memilih  asmaul husna yang berjumlah 99 walaupun ada yang lebih daripada itu. Dan salah satu nama asmaul husna itu adalah al karim yang berarti Maha Mulia.Dalam menjelaskan hal ini  para ulama mengatakan al karim mempunyai makna:
  1. Memberi hajat kebutuhan sebelum diminta.
  2. Tidak mengecewakan harapan orang yang berangan-angan, memberi lebih memuaskan daripada yang diminta dan tidak hirau berapapun pemberiannya dan kepada siapa memberinya.

Mengenal asmaul husna ini dapat membantu kita untuk tetap tenang dalam menghadapi kesulitan dalam hidup. Dan dengan bersifat tenang dan rileks akan menyebabkan otak untuk tetap kreatif dalam mencari jawaban atas permasalahan yang ada. Banyak contoh yang bisa disebutkan ketika kondisi rilek banyak penemuan penting yang ditemukan, misalnya  Archimedes yang menemukan hukum fisika ketika sedang berendam di bak mandi atau Albert Einsten suka bermain biola (musik) untuk menjaga kondisi jeniusnya. Bahkan pada jaman dulu, Thomas Alfa Edison dalam suatu buku biografinya dikatakan memiliki kebiasaan duduk dan tidur sambil menjepit ember diantara kakinya. Ini dimaksudkan agar ia bisa mendapatkan kondisi jenius (kreatifnya) dimana setiap kali ember jatuh, ia selalu mendapatkan ide mengembangkan penemuannya. Kondisi yang dicapai Edison ini pernah diteliti oleh pakar pikiran di Southwest University sejak tahun 1989 dan terbukti bisa meningkatkan IQ sampai 20 poin. Selama Edison berada pada kondisi kreatifnya, pikirannya mengolah semua informasi, melakukan analisa dengan cepat dan mencari solusi dari tiap permasalahannya. Dengan mengenal nama Alloh Al karim, akan menguatkan keyakinan kita dalam menghadapi persoalan hidup. Sesungguhnya Alloh tahu tentang problema dalam hidup bahkan sebelum kita memberitahukannya lewat doa. Jadi jangan berprasangka buruk kalau tidak berdoa Alloh tidak tahu masalah kita.Dia selalu memberi hajat bahkan sebelum hambanya meminta sehingga kita tidak perlu kawatir kalau doa doa kita tidak dikabulkanNya. Bahkan apa diberikan oleh Alloh bukan hanya persis apa yang diminta oleh hambanya tetapi lebih dari itu pemberiannya pasti lebih baik dan memuaskan daripada yang diminta. Jadi ketika banyak persoalan yang mendera kita tenangkanlah dirimu dan ucapkanlah “Ya Karim “sebanyak yang kamu mampu dan rasakan bahwa Alloh hadir di balik penyelesaian masalah yang ada. Wallahu allam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: