Are you creative enough?

Di masa sekarang dibutuhkan kreatifitas dalam mencapai tujuan yang diinginkan lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Kenapa bisa begitu? Karena tujuan yang kita inginkan seringkali sama dengan yang diinginkan orang lain. Dengan semakin banyaknya penduduk dunia ini semakin banyak pula orang yang menginginkan tujuan yang sama.

Akhirnya terjadilah kompetisi untuk mencapai tujuan yang sama.Contohnya dulu aku ingat ketika kecil belum banyak orang yang orang yang membuka toko. Toko pada umumnya hanya ada di jalan utama saja atau kalau ada di jalan sekunder di gang biasanya cuma ada satu saja. Tetapi sekarang dengan semakin susahnya lapangan pekerjaan mau tidak mau memaksa orang untuk berusaha mandiri. Dan cara termudah yang dipilih adalah membuka toko. Maka muncullah banyak toko tidak hanya di jalan utama tetapi di gang-gang sempitpun toko banyak berdiri Kompetisi ini diramaikan dengan hadirnya Alfamart dan Indomart yang bersaing bahkan saking sengitnya dapat kita lihat berdiri berdampingan atau berhadapan. Dalam kompetisi yang semakin sengit memaksa masing –masing pihak untuk selalu berpikir kreatif supaya tetap survive dalam bidang usaha yang telah dipilih. Ada berbagai cara yang dapat membantu kita untuk untuk berpikir kreatif:
  1. Kreatifitas harus selalu berada di dalam koridor norma hukum dan agama.Ada perbedaan mendasar antara kreatifitas dan penipuan atau penyelewengan.Dulu aku pernah bekerja di sebuah distributor multinasional yang bergerak di bidang fast moving consumer goods. Disana ada seorang rekan kerja yang sangat kreatif sehingga selau dapat mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan. Perusahaanpun memberi penghargaan yang tinggi kepadanya. Tetapi sayangnya kreatifitasnya kurang menjaga batasan sehingga melanggar norma hukum. Akhirnya karier cemerlangnya harus berakhir di penjara karena ia gagal mempertanggungjawabkan hasil kerjanya yang ternyata melanggar hukum.
  2. Selalu mencari metode baru untuk mencapai tujuan dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Dalam bekerja kita bisa mengusahakan perubahan pola kerja dari yang biasa kita lalukan. Manfaatnya, pertama hal ini bisa mengatasi rasa bosan kita karena bekerja dalam bidang yang sama dalam jangka waktu yang lama. Yang kedua, hal tersebut kita bisa bandingkan hasil dari keduanya untuk mencari mana yang lebih baik dalam mencapai tujuan. Hasil yang terbaik itulah yang akan kita gunakan untuk memilih pola kerja baku.
  3. Menghargai proses. Kreatifitas seringkali bukanlah sesuatu yang langsung jadi. Ia biasanya membutuhkan proses penyempurnaan yang bertahap-tahap. Proses ini sebenarnya lumrah terjadi di mana-mana termasuk masalah kenegaraan. Gus dur dulu pernah berkata bangsa ini dibangun di atas kesalahan-kesalahan masa lalu yang coba diperbaiki. Demikian juga proses kreatifitas membutuhkan pula waktu dan tenaga untuk mencapai kesempurnaan. Dan salah bentuk kreatifitas itu adalah jika kita bisa menerima proses itu dengan baik. Contohnya adalah kalau ingin sukses dalam dunia blogging. Tahap-tahap yang harus dilalui adalah pertama kita harus menguji apakah kita benar-benar mempunyai passion dalam bidang ini. Kedua belajar menulis dengan baik untuk membuat conten yang sederhana, mempunyai keunikan serta memberi inspirasi. Ketiga hal tersebut adalah ciri konten blog yang baik menurutku. Langkah selanjutnya adalah dengan mendatangkan traffic atau kunjungan ke blog kita dengan optimalisasi keyword atau kata kunci yang kita bidik lewat teknik search engine optimization (SEO), promosi situs iklan baris atau ke situs social bookmarking seperti lintasberita dan infogue atau lewat forum seperti kaskus.. Langkah terakhir adalah melakukan monetisasi blog. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan seperti menjual produk sendiri seperti yang dilakukan jokosusilo dengan menjual Asetvirtual.com dan Rahasiablogging.com. Kedua menjual barang orang lain dengan menjadi affiliate. Anda bisa mendaftar dan memasang iklan produk affiliate kita seperti Amazon.com dan clickbank.com Ketiga mengikuti progam pay per clik (PPC) seperti Google adsense, Adbrite, bidvertiser, kumpul blogger, adsensecamp dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: