Menyikapi Perubahan

Hidup ini akan selalu berubah. Sesuatu yang tetap dalam hidup ini justru perubahan itu sendiri. Kalau kita ingat masa kecil kita sekarang semuanya tidak sama lagi. Demikian juga yang terjadi 10 atau 20 tahun kedepan.

Sebagai seorang muslim kita harus arif dalam menilai perubahan. Apapun perubahan yang terjadi seharusnya yang tidak boleh berubah adalah keyakinan kita kepada Sang Maha Kuasa bahwa sesungguhnya Dialah yang membuat perubahan-perubahan di muka bumi ini.
Ada satu konsep yang bisa kita kita pakai dalam menyikapi perubahan yaitu “Mempertahankan tradisi yang baik sambil menerima tradisi baru yang lebih baik”. Kebiasaan atau tradisi yang biasa kita lakukan, yang bila itu adalah sesuatu yang baik maka harus kita pertahankan Tetapi disisi lain kita juga harus mempunyai elastisitas dalam menerima perubahan. Bila memang sesuatu yang baru itu dapat memberikan hasil yang lebih baik, kita pun harus mau menerimanya.

Dalam diri seorang muslim harus ada 2 sifat  yaitu tegas dan luwes, 2 hal yang bertolak belakang tetapi merupakan unsur keseimbangan di alam ini. Dengan begitu kita tidak akan canggung mengalami perubahan sedrastis apapun dan mampu menyesuaikan diri dengan baik.Wallahu allam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: