Jangan Malu Untuk Belajar

Anda malu untuk belajar sesuatu karena merasa sudah lepas dari sekolah atau merasa telah lanjut usia?
Jika itu yang ada dalam pikiranmu, singkirkanlah!.
Karena ternyata banyak orang yang sukses dalam belajar sesuatu walaupun usia mereka telah beranjak tua. Contohnya yang populer adalah Kolonel Sanders yang membuka usaha Kentucky fried Chicken ketika usia 62 tahun. Artinya faktor usia bukanlah menjadi masalah untuk belajar memulai usaha.
Demikian juga Philip Kotler yang bukunya menjadi bacaan wajib mahasiswa Marketing , walaupun telah sepuh tetap produktif menulis buku. Salah satu resepnya karena ia selalu berusaha mengagendakan untuk selalu belajar sesuatu yang baru.
Dalam bidang agamapun ada contoh yang bisa dikemukakan yaitu Hasan bin Ziyad, ketika nyantri kepada Abu Hanifah, ia sudah berusia 80 tahun. 80 tahun??? Ya anda tidak salah dengar. Ia mempeng belajar, tidak pernah tidur malam selama 40 tahun. Coba bayangkan mondok selama 40 tahun! Kemudian pada usia 120 tahun diangkat menjadi mufti kufah menggantikan Abu Yusuf. Menurut catatan sejarah, Hasan bin Ziyad menjadi mufti selama 40 tahun dan wafat pada usia 160 tahun.
Jadi mulai sekarang jangan malu untuk belajar. Agendakan untuk selalu belajar sesuatu yang baru dan mulailah dari hari ini.
Anda siap?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: