Sholat Gerhana Bulan

Malam ini di masjidku setelah sholat isyak di adakan sholat gerhana bulan berjamaah. 
Lho malam ini ada gerhana bulan to? Bisikku dalam hati karena benar-benar tidak tahu.
Aku mencoba menengadahkan kepalaku ke atas. Memang benar langit hitam pekat. Bahkan bintangpun tidak kelihatan batang hidungnya.
Sholat gerhana bulan diadakan 2 rakaat dengan cara setelah takbiratul ikram lalu membaca al fatihah dan surat kemudian rukuk,  itidal kemudian tidak sujud tapi kembali  bersedekap dan membaca al fatihah dan surat lagi. Baru setelah seperti kita sholat biasanya yaitu ruku, itidal, sujud, duduk dua sujud, sujud lagi . Rakaat kedua seperti rakaat yang pertama. Setelah sholat diadakan sedikit tausiah tentang sholat gerhana bahwa ini adalah bentuk rasa syukur karena tata surya  masih berjalan seperti sedia kala. Bukti normalnya tata surya yaitu adanya gerhana bulan atau matahari. Banyak mitos dalam hidup kita yang sering disikapi secara lebay atau berlebihan. Dengan adanya pemahaman ini kita akan mendapat pencerahan untuk menyikapi keadaan dengan cara benar. Selain sholat sunah pada saat gerhana kita juga disunahkan untuk banyak bersedekah. 
Terus terang ini kali pertama aku melakukan sholat gerhana bulan. Alhamdulillah kalau kita masih diberi kesempatan untuk meningkatkan amal kita. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: