(Begitu) Tidak Mudahnya Membangun Reputasi

Dalam ngeblog setelah memilih tema apa yang akan kita tulis dalam blog. Setelah itu yang paling sulit adalah membangun reputasi bahwa kita kompeten di bidang atau tema yang pilih. Karena reputasi sesungguhnya adalah pengakuan orang lain terhadap kita, bukan sebaliknya pengakuan kita kepada umum. Supaya orang lain mengakui kita karena memang orang mendapat “sesuatu ” dari blog kita.

Ada banyak cara untuk membangun reputasi yaitu menulis berdasarkan passion. Dengan begitu paling tidak kita mempunyai basic pengrtahuan tentang apa yang ditulis.

Yang kedua adalah konsistensi menulis sesuai tema. Dengan berjalannya waktu maka kita akan sedikit demi sedikt akan menjadi semakin paham dan ahli dalam tema yang dipilih.

Ketiga, tidak gampang untuk tidak terpengaruh terhadap blog sebelah. Kita seringkali terpengaruh dan tanpa sadar mempengaruhi cara menulis kita. Menurutku walaupun memang kita memang blogging untuk mendapatkan uang kita tentu tidak perlu latah mengambil tema make money online. Cukup kita konsisten membangun reputasi sesuai tema yang dipilih, setelah itu baru kitu kita mencari bentuk monetisasi yang paling sesuai dengan tema blog kita. Pilihan monetisasi kita kalau bisa tidak mengganggu tema/reputasi blog kita. Memang ini tidak mudah. Butuh perjoengan lahir batin yang tidak ringan.

Jadi selamat berjoeang.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: