Hal Kecil Yang Punya Manfaat Besar

Setelah lama tidak membaca taklim kitab, alhamdulillah selepas subuh aku diberi kemudahan untuk melakukannya. Aku membaca bab tentang keutamaan dzikir Subhanallah, Alhamdulillah, Lailahaillalloh dan Alloh akbar. Ucapan ringan sebenarnya kadang justru kita melalaikannya karena kesibukan sehari-hari. Dzikir ini disebut dengan albaaqitatush shaalihaat atau amal amal sholeh yang dilakukan secara terus menerus. Para ulama menganjurkannya untuk bacaan dzikir pagi petang yaitu:

1. Subhanalloh, Alhamdulillah, Lailahailalloh, Alloh akbar 100 kali,
2. Shalawat 100 kali
3. Istigfar 100 kali.

Rosul sendiri pernah bersabda bahwa ada 2 hal yang jika dilakukan seorang muslim, niscaya ia akan dimasukkan ke dalam surga dan kedua duanya adalah hal yang ringan sekali, tetapi sedikit sekali orang yang beramal dengannya yaitu Subhanalloh, Alhamdulillah, Allohu akbar dibaca sebanyak 10 kali setiap hari selepas sholat fardu maka jumlahnya menjadi 150. Maka 150 x 10 = 1500 pahala akan ditulis dicatatan amalnya.

Yang kedua adalah barang siapa membaca Subhanalloh 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, Allohu akbar 34 Kali ketika hendak tidur sehingga jumlahnya menjadi 100. Maka 100 x 10 = 1000 ditambah dengan 1500 = 2500 pahala diperuntukkan untuknya. Apabila seseorang melakukan kejahatan sebanyak 2500 kali, lalu ia membiasakan diri dengan kalimat tersebut niscaya semua kejahatannya akan terhapus.

Sebenarnya banyak hal kecil dan sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan derajat kita di dunia dan akhirat.

Tinggal kita mau cari ilmunya dan mau mengamalkannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: