Nyepi Dalam Berbagai Perspektif Budaya dan Agama

Hari jumat kemarin adalah hari libur tahun baru saka 1934 atau yang lebih dikenal dengan hari raya Nyepi. Setiap Hari Raya Nyepi seluruh umat hindu di wajibkan melaksanakan 4 berata penyepian yaitu pertama Amati Karya atau tidak boleh bekerja. Kedua. Amati Geni atau tidak boleh menyalakan api, ketiga Amati Lelungan atau tidak boleh bepergian, dan keempat Amati Lelanguan atau tidak boleh bersenang-senang. Dan hanya boleh mengkhususkan untuk ibadah saja.

Dalam budaya jawa ada tradisi serupa ini yang disebut dengan pati geni sambil diiringi dengan melakukan tirakat puasa mutih dan sebagainya. Demikian dalam tradisi kristen terutama kristen Advent (ortodok) ada hari sabtu dilarang untuk bekerja. Tradisi ini disebutkan dalam alquran tentang turun perintah kepada umat nabi musa untuk dilarang untuk bekerja pada hari sabtu dan khusus untuk ibadah saja. Kebetulan pada hari sabtu justru banyak ikan yang muncul ke permukaan sehingga tinggal mengambilnya. Umat nabi musa yang tidak beriman tergoda dengan keadaan tersebut. Cuma karena jaman dulu orang masih lugu sehingga tidak berani menentang nabi secara frontal. Akhirnya dipilihlah cara yang kelihatannya tidak bertentangan dengan perintah nabi yaitu dengan cara memasang jala pada hari jumat sore dan hari minggu mereka menarik jala yang sudah penuh dengan ikan. Mereka menganggap ini tidak bertentangan dengan larangan nabi karena mereka tidak mencari ikan pada hari sabtu. Nabi musa marah terhadap kenyataan ini dan menghukum mereka karena perbuatan mereka ini. Hari sabtu itu kemudian dikenal dengan sabtu kelabu/Black Sabbath.

Dalam tradisi tasawuf dalam islam dikenal istilah suluk dimana orang yang menjalaninya melepaskan diri dari aktifitas dunia dan melaksanakan ibadah wajib dan memperbanyak ibadah sunah supaya lebih bisa berkomtemplasi dalam mengenal hakekat ketuhanan dan kehidupan di dunia ini.

Jadi memang secara konsep tradisi ini dilakukan oleh beragam budaya dan agama dengan bentuknya masing-masing.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: