Toilet Bersih

Di kompas minggu kemarin, saya membaca tentang joroknya toilet atau wc umum di tempat fasilitas umum kita.

Sudah jamak di negara kita bahwa toilet umum kita adalah tempat yang paling “mengerikan” karena joroknya. Ada 2 hal yang menyebabkannya. Pertama tempatnya yang memang jorok atau kurang bagus. Yang kedua adalah prilaku penggunanya baik pria maupun wanita yang memang tidak bersih, seperti main buang tisu atau pembalut seenaknya aja.

Sebagai seorang marketing yang harus mobile kesana kemari aku juga punya pengalaman dengan toilet. Bila dijalan tiba tiba pengen buang air maka tidak ada alternatif lain kecuali mampir di masjid terdekat. Tetapi sayangnya tidak semua masjid ada toiletnya. Kalaupun ada seringkali juga tidak bersih sehingga aku “terpaksa” menggunakannya. Sebagai negara muslim terbesar hal ini sepertinya aneh juga karena kita sendiri sudah mengetahui bila kebersihan adalah sebagian dari iman. Ataukah memang iman yang tipis sehingga perhatian kita lemah terhadap kebersihan toilet kita menunjukkan tipisnya juga perhatian kita terhadap iman kita?

Ataukah jutru sebaliknya.

Ada sebuah cerita tentang amal yang ikhlas. Digambarkan amal yang ikhlas itu seperti ketika kita buang air. Kita tidak peduli lagi apa yang keluar pada saat kita buang air walaupun sebelumnya kita baru saja makan sate atau makan yang enak- enak.

Saya jadi berpikir, apakah ketika kita buang air kita melakukannya dengan sangat ikhlas sehingga begitu selesai kita tidak peduli dan ngloyor begitu saja ya?

He he he……..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: