Tafsir "Subsidi"

Dalam ilmu bahasa indonesia setiap kata bisa jadi mempunyai makna ganda atau bisa jadi lebih. Seperti kata bisa, itu diartikan (1) dapat (mengerjakan) (2) racun, seperti misalnya bisa ular. Demikian juga banyak contoh yang lain.

Mungkin contoh lain yang bisa dikemukan adalah arti kata subsidi berkaitan dengan akan adanya kenaikan BBM. Menurutku kata subsidi ini tidak bermakna ganda. Tetapi kenyataan sekarang subsidi diartikan berbeda dari kata seharusnya. Pemerintah menganggap karena harga minyak dunia naik maka menyebabkan kenaikan subsidi BBM. Maksudnya bila minyak dijual ke luar negeri dengan harga minyak dunia maka pemerintah akan mempunyai uang sebesar x rupiah. Karena minyak tersebut tidak dijual ke luar negeri tetapi dijual kepada rakyat maka uang yang seharusnya didapatkan dikurangi dengan harga BBM dalam negeri itulah yang disebut subsidi. Secara awam kadang kita sulit mengerti tentang hal tersebut.(Atau memang di buat tidak mengerti ya?) Dalam bayangan orang awam yang dimaksud dengan subsidi adalah uang yang dikeluarkan pemerintah secara riil bukan kerugian perhitungan di atas kertas yang tidak riil.

Menurutku ini adalah buah pemikiran pemerintahan rezim otoriter yang memang berlangsung sebelum pemerintahan sekarang. Di era demokrasi sekarang ada baiknya juga bila kita tidak hanya belajar berdemokrasi saja tetapi juga belajar pemikiran yang demokratis, lebih jujur dan toleran terhadap perbedaan yang ada tetapi tetap memperjuangkan aspirasi rakyat.

Jika memang harga BBM memang harus dinaikkan, karena secara logika sederhana saja minyak kita semakin menipis jumlahnya karena eksplorasi tetapi di sisi lain kebutuhan akan minyak semakin tinngi. Ada baiknya untuk bicara apa adanya dan membuang logika pemikiran yang memang sudah lewat masanya. Tetapi adakah pemimpin yang berani mengatakan seperti ini?

Saya sih secara pribadi merindukan pemimpin yang mampu melakukan ini.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: