Donasi

Saya terus terang mencari bentuk monetisasi blog personal yang paling pas untuk blog ini. 
Kalau di luar negeri (konon) banyak blogger yang menggunakan donasi untuk membantu membiayai blognya. Kalau di indonesia saya melihat juga beberapa blogger yang menggunakan cara ini, tetapi saya sendiri sangsi apakah memberikan hasil atau tidak? 
Alternatifnya adalah mencoba memasang google adsense seperti yang ada di surat kabar atau majalah online yang tidak mencolok sehingga tidak menganggu kenikmatan membaca. 
Blogger lain menggunakan blog untuk mendulang trafik dan mengarahkan ke toko online atau produk yang kita jual. Ini artinya kita harus punya produk, sedangkan saat ini saya belum mempunyainya. 
Atau mungkin ada yang mau memberi saya saran? 

Leave a Reply

