Cara Menulis Blog

Dalam menulis blog ini saya memang  cenderung untuk tidak berpanjang-panjang. 
Sebabnya adalah selama ini saya sering posting lewat handphone. Tetapi meskipun begitu saya tetap berusaha menulis dengan singkat, jelas, dan berisi. 
Saya biasanya membagi postingan dengan 3 atau 4 bagian. Bagian pertama adalah judul tulisan. Judul tulisan harus mencerminkan isi atau tema dari tulisan. Judul ini seperti iklan jadi  harus mampu menarik perhatian calon pembaca. Bagian kedua ini biasanya disebut dengan Lead, atau sapaan pembuka yang memancing minat atau gairah pembaca. Pada paragrap pertama ada baiknya juga jika kita sisipkan kata kunci atau keyword yang dibidik karena menurut para master seo hal tersebut termasuk seo friendly. Lead adalah bagian awal yang membuat pembaca sudi masuk ke maksud tujuan penulis. Bagian ketiga merupakan pokok bahasan dari tema yang diangkat.  Karena bagian yang paling menarik sudah dibahas di pembukaan atau Lead, maka bagian ketiga ini akan menjadi kurang menarik. Solusinya adalah dengan menyusun kalimat yang ramping dan menarik Tubuh tulisan akan terasa enak dibaca jika lancar membacanya. Dan agar tercipta kelancaran ini buatlah tubuh tulisan yang dinamis, artinya harus beralih ke topik berikutnya apabila memang harus beralih. Sedangkan bagian terakhir adalah penutup. Penutup tulisan adalah tulisan yang bergaya pamit atau bisa juga kesimpulan. Untuk menutup postingan saya biasanya menggunakan kata jadi…., bagaimana?, nah! atau kalimat tanya penutup kalimat. 
Dari pengalamanku kalimat yang tidak ditutup dengan kalimat penutup terasa janggal, hambar dan tidak terasa bahwa postingan telah berakhir.  
Anda setuju ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: