Pemikiran Islam modern dan tradisional

Kalau ditanya apakah perbedaan antara islam modern dan tradisional saya sendiri bingung menjawabnya. Menurut saya karena  kita hidup di jaman modern, otomatis kita akan memiliki pola pikir yang modern. Di satu sisi kita hidup di tengah masyarakat yang memiliki ikatan kuat dengan tradisi yang sudah turun temurun dilakukan.
Kalau kita mau melihat ke belakang sebentar, ketika revolusi industri di Perancis yang kemudian menyebar ke seluruh dunia. Revolusi industri akhirnya merubah pola hidup  masyarakat yang sebelumnya pola pikir agraris menjadi masyarakat industri. Banyak pabrik didirikan sehingga banyak menampung tenaga kerja. Akhirnya timbullah kelas sosial di masyarakat yang semakin banyak.Banyak juga sekolah didirikan sebagaimana yang ada sekarang. Dulunya sebelum revolusi industri yang disebut ilmu atau pendidikan adalah di pesantren atau di surau. Sehingga sebelum revolusi industri, banyak pemuda/orang tua yang memiliki basic pengetahuan agama dalam syariat yang mumpuni karena mereka umumnya adalah kaum terpelajar lulusan pesantren.Ketika KH Ahmad Dahlan bersinggungan dengan ajaran pembaharuan islam yang marak di dunia waktu itu maka dia karena memiliki basic pengetahuan syariat yang baik maka dia hanya mengambil semangat pembaharuannya dalam islam dan menyesuaikan dengan pola hidup masyarakat kota kemudian memulai kerja sosialnya yang kemudian oleh banyak kalangan lebih dikenal dengan islam modern.Sedangkan kaum tradisionalis berusaha mempertahankan tradisi lama yang baik sambil berusaha mencari tradisi baru yang lebih baik dalam menyiasati perubahan jaman Artinya kaum tradisionalispun sebenarnya tidak menolak modernisasi, hanya saja mereka berusaha tetap berhati-hati untuk menjaga tradisi lama yang baik.
Lalu apakah madzab pemikiran kita? Modernkah atau tradisionalkah? Apapun pendapat kita, pada dasarnya kita akan berdiri di tengah keduanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: