Jeff Bezos mendirikan Amazon.com dari Garasi Rumah

Saat ini saya baru membaca buku tentang Jeff Bezos yang mendirikan amazon.com situs yang awalnya adalah toko buku online dari garasi rumahnya. 
Jeff bezos memang dari kecil adalah orang yang kreatif. Suatu ketika orang tuanya terkejut karena Jeff Bezos meminta tempat tidur biasa, bukan boks yang menjadi tempat tidurnya saat itu. Karena waktu itu Jeff Bezos baru berumur 3 tahun maka ibunya tentu saja menolaknya. Tidak lama setelah itu Jeff Bezos malah membawa obeng sendiri dan membongkar boksnya menjadi tempat tidur biasa. Sebagai seorang yang cerdas di SMU Jeff menjadi ketua kelas dan memenangkan penghargaan sebagi siswa terbaik dalam bidang matematika dan sains. Selepas itu Jeff akhirnya memutuskan untuk kuliah di Universitas Princetton jurusan fisika  dan lulus dengan predikat summa cumlade. 
Selepas kuliah Jeff bekerja sebagai manajer administrasi dan pengembangan di FITELL sebuah perusahaan yang sedang menciptakan jejaring komputer untuk menangani bisnis keuangan internasional. Disana jeff bezos mendapat promosi sebagai wakil direktur. Namun setelah 2 tahun jeff bezos tahu FITELL tidak berkembang sebagaimana yang dia harapkan. Dia pindah pekerjaan sebagai asisten wakil presiden direktur untuk Global Fiduciary Service di Bankers trust dan setelah itu ia bekerja sebuah perusahaan yang meneliti peluang bisnis baru dalam beragam bidang mulai dari perangkat lunak komputer hingga asuransi. Terutama menjelang akhir 1992 mereka mulai meneliti sesuatu yang baru yang disebut dengan internet. Mulailah jeff bezos dan timnya mengeksplorasi peluang bisnis lewat internet. Jeff menginventaris apa saja yang bisa dijual lewat internet dan membuat daftar 20 barang yang terlaris mulai dari peralatan kantor , musik, pakaian hingga perangkat lunak komputer. Setelah sekian lama mempelajari, jeff menemukan bahwa buku adalah hal yang teratas dalam daftar itu. Jeff akhirnya menemui bosnya untuk membicarakan hasil penemuannya. Diluar dugaan bosnya menyatakan tidak tertarik untuk bisnis toko buku online. Jeff akhirnya berkata bila bosnya tidak tertarik maka ia akan mengundurkan diri dan akan meneruskan atau menangkap peluang bisnis tersebut dan akan mendirikan toko buku online. Jeff dan istrinya akhirnya membicarakan hal ini dengan orang tua jeff dan mereka menyokong ide jeff. Akhirnya berdirilah toko buku online amazon.com. Jeff mempertimbangkan banyak nama sebelum akhirnya memilih nama amazon.com karena amazon adalah nama sungai yang terbesar di dunia, ia berharap koleksi toko bukunya juga terlengkap di dunia. 
Lalu mengapa amazon.com menuai sukses besar? Jawabannya karena jeff dan timnya telah berhasil membuat sistem sehingga proses belanja online menjadi proses belanja yang mudah dan menyenangkan. Amazon.com juga sangat memperhatikan konsumennya dengan mencatat dan menyimpan data yang dibeli konsumennya dan merekomendasikan buku serupa dan terkait. Akhirya amazon.com tumbuh berkembang dari toko buku menjadi toko serba ada online dengan menjual apa saja yang bisa dijual di internet seperti elektronik, pakaian, sepatu, sofaware, MP3 download dll. Jeff bezos membuat 6 prinsip sehingga bisnisnya bisa berkembang seperti sekarang ini yaitu:
1. Obsesi pelanggan. memberi pelayanan kepada pelanggan dengan harga senmurah mungkin dan waktu secepat mungkin. 
2.Kepemilikan. semua karyawan diberi peluang untuk menjadi pemegang saham di amazon.com. 
3. Ambil tindakan segera. Jeff bezos suka sekali menggunakan kata kata: lakukan sekarang, wujudkanlah, jangan menunda nunda. Dan tentu saja ditambah kata Tumbuh Besar dengan Cepat.
4. Kesederhanaan. Jeff Bezos selalu berusaha membuat sistem yang sederhana dan tidak pernah menghamburkan uang untuk dekorasi atau kemewahan.
5. Standar karyawan yang tinggi. Amazon.com tetap menginginkan memiliki karyawan yang cerdas. mereka disaring lewat daftar riwayat hidup dan wawancara untuk menemukan mereka. 
6. Inovasi. Amazon.com terus memperkenalkan ide baru, sistem baru dan penawaran baru kepada pelanggannya. 
Dengan 6 prinsip sebaik ini tentu tidak aneh bila Amazon.com tumbuh besar dengan cepat seperti sekarang ini, bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: