Jenis Usaha Sampingan

Banyak orang yang ingin tahu jenis usaha sampingan dan ingin membuka usaha akan tetapi bingung usaha yang cocok untuk dijalankan. Begitu juga banyak karyawan yang ingin memperoleh penghasilan tambahan dengan membuka jenis usaha sampingan tersebut tetapi juga bingung menentukan bisnis apa yang prospek ke depannya
Saya yakin banyak yang masih mengalami kebingungan seperti itu. Yang saya sarankan  adalah mengumpulkan informasi tentang jenis usaha sampingan yang kira-kira bisa dijalankan sesuai kemampuan finansial dan waktu yang ada. Buatlah catatan di buku  tentang berbagai jenis usaha sampingan dan peluang yang mungkin diambil nantinya.
Kemudian bacalah tawaran-tawaran yang ada, bayangkan kalau misalnya jenis usaha sampingan tersebut diambil kira-kira nantinya seperti apa, seberapa repotnya kita mengelola bisnis tersebut, mengingat kita juga bekerja di kantoran.
Bayangkan kalau menjalankan jenis usaha sampingan ini kira-kira gimana perasaan saya, gimana kesibukan saya, gimana nanti mempekerjakan karyawan, dll. Coba juga masuk ke pasar, perhatikan orang-orang yang berjualan produk yang kita mau ambil. Perhatikan orang yang jualan bakso, gimana caranya mereka bisa berjualan dan bagaimana kalau nanti kita yang berjualan. Perhatikan orang yang jualan koran / majalah, bagaimana mereka berjualan dan bagaimana kalau nanti kita  yang berjualan.
Kemudian coba tawarkan kepada istri kita karena support keluarga adalah yang terpenting. Semoga istri kita setuju dan mau membantu jenis usaha sampingan yang akan kita jalankan.
Salah satu bentuk jenis usaha sampingan di Indonesia yang layak dipertimbangkan adalah bisnis pulsa. Dimana 80% lebih suka menggunakan layanan prabayar dan Lebih dari 75% nya lebih suka menggunakan layanan pulsa elektrik. 4 sebab utama bisnis ini layak digunakan sebagai jenis usaha sampingan :
Modal yang ringan 
Sangatlah minim biaya yang harus anda keluarkan untuk memulai jenis usaha sampingan ini, bahkan sekarang sudah ada banyak distributor pulsa yang menawarkan peluang ini secara gratis. Pulsa adalah kebutuhan yang hampir sama pentingnya dengan beras. pulsa sudah bukan lagi menjadi barang sekunder, sekarang sudah menjadi barang primer bagi banyak kalangan masyarakat indonesia. Pulsa merupakan barang yang tahan lama, tidak bisa rusak, distribusi yang efisien, dan mudah laku. Jika tidak laku, anda tidak usah khawatir, masih ada keluarga dan diri anda sendiri yang siap menjadi konsumen pulsa anda.
Pasar yang luas 
Segmentasi pasar dalam jenis usaha sampingan ini sangatlah luas. Mungkin anda bisa memanfaatkan satu segmen yang belum digarap dengan maksimal oleh para pebisnis pulsa di indonesia, “Segmen anak-anak” patut anda pertimbangkan sebagai terget konsumen jika anda menekuni jenis usaha sampingan ini.
Tenaga dan waktu yang harus dikeluarkan sangatlah minim 
Anda hanya perlu membawa handphone yang sudah terdepositkan sehingga sudah siap melayani order yang diterima. Anda masih bisa melakukan jenis usaha sampingan ini walaupun disaat anda sedang melakukan pekerjaan utama anda.
Resiko usaha kecil
Jenis usaha sampingan ini termasuk memiliki resiko yang kecil, sehingga kita tidak perlu khawatir secara berlebihan. Deposit pulsa yang dibeli bisa mulai dari  yang sedikit dulu sampai kemudian mmbesar tergantung kemampuan kita menjual. Sementara ini kita bisa menjual kepada teman-teman kantor kita dan dibantu dengan istri yang membuka usaha jualan pulsa di rumah. Setidaknya kita bisa paham tentang usaha ini dahulu dan mengembangkannya nanti jika kita melihat usaha ini bisa dikembangkan lebih baik misalnya dengan menambah dengan jualan hp baru atau second, menerima perbaikan Hp rusak dengan bekerjasama dengan tukang servis HP dan jenis usaha sampingan yang masih berhubungan dengan jualan pulsa. Bagaimana tertarik dengan bisnis pulsa?
 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: